Pilihlah…!!! D4-Teknik Pengelasan

Kali ini aku mau sedikit share tentang salah satu Jurusan Perkuliahan di kampus q tercinta PPNS, Jurusan D4-Teknik Pengelasan. Bahasa kerennya “Welding Engineering”, hehe…

D4-Teknik Pengelasan

( Welding Engineering )

Hmm….sekilas sih agak aneh ya nama jurusannya, aku mikir juga kenapa kok aku bisa terjerumus di jurusan yang aneh ini, hehe…. Tetapi seiring berjalannya waktu, aku mulai mencintai dan semakin tertarik dengan apa yang aku geluti sekarang. Mungkin akan begitu juga bagi temen2 semuanya. Disini akan aku sebutkan alasan2 knapa kamu2 semua harus memilih Jurusan paling keren D4-Teknik Pengelasan (WE).

Visi :
> Sebagai institusi pendidikan profesional dalam bidang pengelasan dan menyiapkan lulusan untuk mampu berkompetisi dan beradaptasi dengan perubahan global

Misi :
> Melaksanakan program pendidikan yang mendukung perkembangan dan penerapan teknologi pengelasan
> Menyediakan infrastruktur dan lingkungan akademik yang kondusif untuk penerapan proses pembelajaran yang efektif dan efisien dalam rangka menghasilkan lulusan yang terampil, kreatif dan inovatif
> Menyelenggarakan pendidikan professional yang bekerja sama dengan industri sekitarnya sebagai teaching industry untuk memenuhi kebutuhan ekonomi global dan perkembangan industri
> Menyelenggarakan pendidikan sistem Link & Match yang dapat memberikan pembekalan praktis dan manajerial dari sisi penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi
> Membina dan mengembangkan nilai, etika, moral dan budaya profesional di lingkungan pendidikan

Kompetensi yang diberikan oleh Jurusan D4-Teknik Pengelasan ini adalah :
> Welding Designer
1. Mampu mengidentifikasi material serta memahami simbol
pengelasan, geometri sambungan dan diskontinuitas
pada pengelasan
2. Mampu merencanakan dan mengkoordinasikan kebutuhan
material, tenaga kerja, penjadwalan serta perhitungan biaya
dalam pekerjaan-pekerjaan dibidang pengelasan
3. Menguasai welding code, mampu mendesain dan
mengkualifikasikan welding procedure

> Welding Inspection
1. Menguasai pengujian Destructive Test dan
mengaplikasikannya
2. Menguasai pengujian Non Destructive Test dan
mengaplikasikannya
3. Mampu bertanggung jawab dan bertugas sebagai
inspektur las, menguasai metalurgi pengelasan, proses
pengelasan dan pemotongan

> Manajerial
1. Mampu melaksanakan pekerjaan manajerial
2. Mempunyai wawasan kewirausahaan

Mata Kuliah yang ada di Jurusan D4-Teknik Pengelasan dikategorikan sesuai kompetensi diatas, antara lain :
> Welding Designer
a. Gambar teknik
b. Praktek fabrikasi dasar
c. Proses manufaktur
d. Teknologi las
e. Kelelahan dan kepecahan
f. Konstruksi baja
g. Praktek las
h. Konstruksi kapal
i. Perlakuan panas
j. Praktek DT – NDT
k. Teknologi las aplikasi
l. Praktek manufaktur dibantu komputer
m. Penyambungan non logam

> Welding Inspection
a. Teori NDT
b. DFKI KU & BT
c. DFKI tangki & pipa
d. DFKI kapal
e. Inspeksi las
f. Studi kasus pengelasan
g. Praktek kualifikasi las
h. Korosi dan pengendaliannya
i. Praktek uji bahan
j. Quality control assurance

> Manajerial
a. Kewirausahaan
b. Ekonomi teknik
c. Analisa biaya

Nah…..setelah kamu2 semua membaca tulisan diatas, semoga ada keinginan yang lebih tinggi untuk memlilih Jurusan ini (WE). Dan untuk temen2 aku yang sudah terlanjur berkecimpung di jurusan ini, jangan minder or merasa berkecil hati. Mari kita bersama memajukan dunia Pengelasan di bumi Indonesia raya, Merdeka! (loh..). Perlu yang aku tekankan, jurusan WE tidak mencetak seorang tukang las yang ada dipinggir2 jalan tuh, tetapi mencetak seorang Pahlawan Pengelasan (cieeee…….), hehe….lebay. Karena ini jg jurusan yang aku ambil, makanya q share disini, syapa tau bisa bermanfaat bagi temen2 yang lagi bingung memilih jurusan saat ingin kuliah di perguruan negeri.

Tentang silvercall

Aku adalah aku, dengan semua kenangan masa laluku, dengan angan, harapan serta impianku.. Tak bisa menjadi seperti yang lain, dan tak mau menjadi orang lain.. Karena aku adalah aku…

Posted on 15 Juni 2011, in Berita Umum, Kuliah Q, Welding Info. Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Wkwkwkw.. BlogQ di LINK rek.. Suwun..suwun
    Tunggu LINK balik dai ane gan

  2. Mas Ical, saya ada banyak pertanyaan tentang pengelasan terutama untuk SUS304 dan SUS 316 , saya yakin anda orang yang pas,untuk menjawab pertanyaan saya. Ini email saya : kanalbiru@gmail.com , barangkali ada yang bisa kita share . note :Saya dalam proyek yang banyak melibatkan pengelasan di material tsb, pipa.

  3. mas, aq tertarik bgt di jurusan ini. .
    biar sukses masuk gmna mas??. .
    sedangkan mataq minus, jd pake kacamata,,
    pengen bgt mas masukk.. :(
    . .
    aq minta bantuan mas, namaq bagas, tulungagung.
    ni emailq : bagas.laksana@gmail.com
    . .

    • waah..mantap lah klo beneran pengen masuk jurusan ini..
      jangan lupa ajak temen2 yg lainnya, biar rame, hehe..
      untuk penerimaan mahasiswa nya sama seperti kampus2 lain,pertama ada PMDK (biasanya ada 2 gelombang), kedua ada jalus bidik misi, dan ketiga jalur UMPN (semacam SNMPTN). kamu ikutin aja, syapa taw kecantol di PPNS, hehe..
      oia, ini ada temenq sejurusan anaknya dari tulungagung jg, contak dy aja, ini blognya http://victorwelding.blogspot.com/
      info lebih lengkap lihat disini aja http://www.ppns.ac.id

  4. Top banget jurusan ini, sebagai alumni sih bangga, soalnya cepet dapet kerja setelah wisudah.
    Kmaren cman nganggur 4 hari setelah wisudah dan alhamdulillah kerja sbg Welding Engineer di Perusahaan BUMN ternama di JATIM. Bayangin baru masuk aja jd Welding Engineer, satu kepercayaan bagus ke alumni D4 Pengelasan PPNS oleh dunia perusahaan.

    Jangan ragu untuk menimba ilmu di Di D4 Teknik Pengelasan PPNS :)

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

