TIPS MENYEDUH KOPI

 

1.   Setiap orang memiliki cara sendiri untuk menyiapkan secangkir kopi. Namun ada beberapa hal dasar sebagai langkah awal: kopi nikmat berasal dari kopi yang segar. Jika Anda memiliki biji kopi utuh, sebaiknya biji kopi baru digiling sesaat sebelum Anda menyeduhnya. Jagalah kesegaran biji kopi maupun kopi bubuk Anda dalam kemasan kedap udara.

2.    2.  Ketika menyeduh kopi, didihkan air dari air dingin berkualitas. Karena saat menyeduh kopi lebih dari 98% bagiannya adalah air, kualitas air sangatlah berpengaruh pada rasa yang dihasilkan. Jika kualitas air kran tidak memungkinkan, gunakan air dalam kemasan atau yang telah disaring.

3.    3.  Perbandingan air dan kopi pun sangatlah penting. Kami sarankan Anda menakar satu sendok makan penuh atau 7gr untuk setiap cangkir atau 180 ml air. Jika kopi Anda terasa terlalu kuat, tambahkan air panas sedikit demi sedikit. Jumlah air yang terlalu sedikit akan membuat kopi over-extraction dan menimbulkan rasa pahit.

4.   4.   Periksa suhu air pada mesin pembuat kopi Anda. Suhu ideal air adalah 98° C. Jika Anda menggunakan French Press atau Plunger, air sebaiknya dipanaskan dengan pemanas air dan dituang sesaat setelah mendidih. Jangan tuang air yang tengah mendidih ke atas bubuk kopi.

5.   5.   Untuk memperoleh rasa dan aroma terbaik, sajikan kopi segera setelah diseduh (kopi akan bertahan selama 20 menit dalam pemanas). Kami sarankan untuk memindahkan kopi segar Anda ke dalam termos untuk kesegaran yang lebih lama.

6.    6.  Jangan lupa memelihara kebersihan pembuat kopi Anda. Mesin pembuat kopi yang bersih merupakan modal utama untuk membuat secangkir kopi nikmat. Bersihkan secara teratur dengan deterjen lembut atau baking soda untuk mengangkat kotoran, lapisan serta minyak.

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk menyiapkan secangkir kopi. Namun ada beberapa hal dasar sebagai langkah awal: kopi nikmat berasal dari kopi yang segar. Jika Anda memiliki biji kopi utuh, sebaiknya biji kopi baru digiling sesaat sebelum Anda menyeduhnya. Jagalah kesegaran biji kopi maupun kopi bubuk Anda dalam kemasan kedap udara.

Ketika menyeduh kopi, didihkan air dari air dingin berkualitas. Karena saat menyeduh kopi lebih dari 98% bagiannya adalah air, kualitas air sangatlah berpengaruh pada rasa yang dihasilkan. Jika kualitas air kran tidak memungkinkan, gunakan air dalam kemasan atau yang telah disaring.

Perbandingan air dan kopi pun sangatlah penting. Kami sarankan Anda menakar satu sendok makan penuh atau 7gr untuk setiap cangkir atau 180 ml air. Jika kopi Anda terasa terlalu kuat, tambahkan air panas sedikit demi sedikit. Jumlah air yang terlalu sedikit akan membuat kopi over-extraction dan menimbulkan rasa pahit.

Periksa suhu air pada mesin pembuat kopi Anda. Suhu ideal air adalah 98° C. Jika Anda menggunakan French Press atau Plunger, air sebaiknya dipanaskan dengan pemanas air dan dituang sesaat setelah mendidih. Jangan tuang air yang tengah mendidih ke atas bubuk kopi.

Untuk memperoleh rasa dan aroma terbaik, sajikan kopi segera setelah diseduh (kopi akan bertahan selama 20 menit dalam pemanas). Kami sarankan untuk memindahkan kopi segar Anda ke dalam termos untuk kesegaran yang lebih lama.

Jangan lupa memelihara kebersihan pembuat kopi Anda. Mesin pembuat kopi yang bersih merupakan modal utama untuk membuat secangkir kopi nikmat. Bersihkan secara teratur dengan deterjen lembut atau baking soda untuk mengangkat kotoran, lapisan serta minyak.

About silvercall

Aku adalah aku, dengan semua kenangan masa laluku, dengan angan, harapan serta impianku.. Tak bisa menjadi seperti yang lain, dan tak mau menjadi orang lain.. Karena aku adalah aku…

Posted on 10 Juli 2011, in Berita Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: