Stoner Juara di Laguna Seca USA

LAGUNA SECA – Casey Stoner menunjukkan kapasitasnya sebagai calon kuat juara dunia musim ini. Pembalap Repsol Honda ini sukses memenangi duel dengan rival utamanya, Jorge Lorenzo untuk kemudian memenangi seri MotoGP Amerika Serikat di Laguna Seca, Senin (25/7/2011) dini hari WIB.

Sejak awal start, Lorenzo langsung menggebrak dengan mempertahankan posisinya di urutan terdepan. Namun, Lorenzo tak bisa bersantai karena dua pesaing terkuatnya, Casey Stoner dan Dani Pedrosa menguntit tepat di belakangnya. Belum genap satu lap dari 32 lap yang direncanakan, posisi pembalap sudah mengalami perubahan.

Lorenzo memang masih mempertahankan posisinya di depan, namun yang dibelakangnya kini adalah juara di seri sebelumnya di Jerman, Pedrosa yang sukses melewati Stoner. Sementara itu, Dovi menempati posisi empat diikuti Marco Simoncelli, Ben Spies dan pembalap legendaris, Valentino Rossi yang harus turun satu strip ke urutan tujuh.

Memasuki lap keenam, petaka menghampiri Simoncelli. Pembalap Gresini Honda ini harus mengakhiri balapan lebih awal karena tegelincir dan terseret ke gravel saat melibas tikungan. Terjatuhnya Super Sic jelas memberikan perubahan komposisi di baris kedua. Spies kini naik ke posisi lima diikuti Rossi di tempat keenam yang dibayangi rekan setimnya Nicky Hayden dan rider Suzuki Alvaro Bautista.

Memasuki pertengahan lomba, Lorenzo mulai menjaga jarak dengan Pedrosa di tempat kedua. Namun, Stoner nampaknya enggan melihat Lorenzo kembali mengunggulinya. Pembalap asal Australia ini berhasil mengovertake Pedrosa di tempat kedua, dan mulai mengikis jarak dengan Lorenzo.

Lap demi lap mencatatkan waktu tercepat, Stoner akhirnya berhasil menempel ketat Lorenzo. Pertarungan dua kandidat kuat juara musim ini pun tak terelakkan. Sementara itu, Pedrosa nampak keluar dari persaingan juara di Laguna Seca kali ini, menyusul posisinya yang kian tertinggal.

Melakoni pertarungan sengit di tiap lapnya, Stoner akhirnya berhasil mengambil posisi terdepan dari Lorenzo saat balapan menyisakan enam lap lagi. Juara dunia 2007 ini berhasil mendahului Lorenzo dari sisi luar sebelum masuk tikungan lebih dulu dari Lorenzo. Ini seakan pembalasan dari Stoner setelah di seri Sachsenring, pekan lalu, Lorenzo mengasapinya di lap-lap terakhir dalam perebutan tempat kedua. Ini juga sekaligus jadi pembuktian mental juara Stoner yang selama ini diragukan banyak kalangan, terutama dalam urusan duel head to head dengan rival (Lorenzo).

Tak ingin selisih poinnya dengan Stoner kembali membengkak, Lorenzo terus memberikan perlawanan sengit. Pembalap Spanyol ini terus menempel ketat Stoner sambil mencari celah untuk mengambil kembali posisi terdepan. Namun, perjuangan Lorenzo akhirnya sia-sia karena Stoner justru kian jauh meninggalkannya dan akhirnya melintasi garis finis di tempat pertama.

Lorenzo pun harus puas berada di podium dua. Sementara itu, Pedrosa yang membalap nyaris tanpa pesaing sukses mengamankan podium ketiga. Sedangkan rekan setimnya, Dovi harus rela hanya finis di urutan lima, setelah di lap terakhir disalip Ben Spies yang berhasil mengamankan posisi empat.

Valentino Rossi mencatatkan hasil lumayan bagus dengan menempati posisi enam. Tidak seperti balapan di Sachsenring, Jerman, pekan lalu, kali ini The Doctor berhasil memenangi duelnya dengan Hayden yang finis di posisi tujuh. Colin Edwards, Hector Barbera dan Hiroshi Aoyama melengkapi format sepuluh pembalap terdepan.

Hasil MotoGP Amerika Serikat:
Pos —- Pmblp —- Tim —- Gap

1.Casey Stoner  Repsol Honda 43 menit 52.145 detik
2. Jorge Lorenzo  Yamaha Factory Racing  +5.634 detik
3. Dani Pedrosa  Repsol Honda Team  +9.467 detik
4. Ben Spies  Yamaha Factory Racing  +20.562 detik
5. Andrea Dovizioso  Repsol Honda Team  +20.885 detik
6. Valentino Rossi  Ducati Team  +30.351 detik
7. Nicky Hayden  Ducati Team  +31.031 detik
8. Colin Edwards  Monster Yamaha Tech3   +45.502 detik
9 Hector Barbera  Mapfre Aspar Team  +51.549 detik
10. Hiroshi Aoyama  San Carlo Honda Gresini  +1:08.850 detik
11. Karel Abraham  Cardion AB Motoracing  +1:09.132 detik
12. Loris Capirossi  Pramac Racing Team  +12.984 detik
13. Toni Elias  LCR Honda MotoGP  +37.817 detik

Gagal Finish

14. Marco Simoncelli Gresini Honda
15. Randy de Puniet
16. Alvaro Bautista
17. Ben Bostrom
18. Cal Crutchlow

 

editor : silvercall

sumber : okezone.com

About silvercall

Aku adalah aku, dengan semua kenangan masa laluku, dengan angan, harapan serta impianku.. Tak bisa menjadi seperti yang lain, dan tak mau menjadi orang lain.. Karena aku adalah aku…

Posted on 25 Juli 2011, in Berita Umum, Moto GP Q. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: